JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia)
Vol 2, No 1 (2017): JPGI

Peran Orangtua dalam Disiplin Belajar Siswa

Welda Wulandari (Universitas Negeri Padang)
Zikra Zikra (Universitas Negeri Padang)
Yusri Yusri (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2017

Abstract

Orangtua merupakan orang yang pertama dan utama dalam memberikan pendidikan terutama dalam mendisiplinkan anak. Disiplin dipandang sebagai upaya pengendalian diri dan sikap mental individu dalam kehidupan keluarga dan masyarakat dalam mengembangkan kepatuhan terhadap peraturan dan tata tertib yang berlaku yang bermanfaat dalam belajar. Berdasarkan fakta yang ditemukan di sekolah menunjukan bahwa banyak terjadi ketidak disiplinan oleh siswa seperti sering terlambat daatang ke sekolah, bolos, tidak mengerjakan tugas, keluar masuk di waktu pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orangtua dalam disiplin belajar siswa, yang dilihat dari aspek: 1) peran orangtua dalam mengawasi anak dalam belajar, 2) Peran orangtua dalam mengajarkan kemandirian pada anak , 3) Peran orangtua dalam mengenali teknik belajar anak, 4) membantu menghilangkan kecemasan dan kejenuhan anak dalam belajar. Jenis penelitian ini berbentuk deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri 7 Padang dengan jumlah 902 siswa dan Sampel penelitian ini berjumlah 239 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan data dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa secara keseluruhan peran orangtua dalam disiplin belajar siswa pada umumnya cenderung berada pada kategori cukup baik ditinjau dari aspek :1) Peran orangtua mengawasi anak dalam belajar cenderung berada pada kategori cukup baik, 2) Peran orangtua dalam mengajarkan kemandirian pada anak cenderung berada pada kategori cukup baik, 3) Peran orangtua dalam mengenali teknik belajar anak cenderung berada pada kategori baik, 4) membantu menghilangkan kecemasan dan kejenuhan anak dalam belajar cenderung berada pada kategori cukup baik. Dapat disimpulkan bahwa peran orangtua dalam disiplin belajar siswa berada pada kategori cukup baik.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpgi

Publisher

Subject

Education

Description

JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) ISSN: 2541-3317 (for electronic version) 2541-3163 (for print version). JPGI is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Provide a journal that reports research on topics that ...