M A T H L I N E : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 4 No 1 (2019): Mathline

PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN OTENTIK TES KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Panji Yudha, Rivo (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen asesmen otentik yang layak digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik. Desain Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan modifikasi model Wilson dan Oriondo dan Antonio. Validitas isi instrumen dibuktikan dengan expert judgement teknik Delphi oleh ahli dan praktisi. Validitas empiris dibuktikan dan dianalisis menggunakan program Winsteps 3.73. Data politomus hasil uji coba dianalisis menggunakan model Rasch dengan bantuan program Winsteps 3.73. Uji coba instrumen melibatkan 30 peserta didik kelas XI AK SMK Wahidin Cirebon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan instrumen penilaian otentik yang layak untuk mengukur berpikir kritis peserta didik. Karakteristik instrumen penilaian otentik ditinjau dari validitas isi oleh ahli dan praktisi termasuk dalam kategori sangat baik, sedangkan untuk validasi empirisnya berdasarkan tiga kriteria yaitu OUTFIT MNSQ, ZSTD, Pt Mean Corr untuk 10 butir instrumen keterampilan berpikir kritis. Reliabilitas instrumen keterampilan berpikir kritis berdasarkanindex sparation item sangat bagus dengan nilai >0,90, dan kualitas implementasi asesmen otentik keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran matematika adalah praktis.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Mathline

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Mathline is published by Mathematics Education Department of Wiralodra University. Mathline publishes the research issues on mathematics, mathematics education, and could be experiment, research and development, or classroom action research. This Journal are bi-annual publication, on February and ...