Jurnal Manajemen Komunikasi
Vol 3, No 1 (2018): Accredited by Republic Indonesia Ministry of Research, Technology, and Higher Ed

MOTIF PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL BIGO LIVE DI KALANGAN MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS TELKOM

Gifthera Dwilestari (Universitas Telkom)
Dini Salmiyah Fithrah Ali (Universitas Telkom)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2019

Abstract

Pengguna internet di Indonesia cukup tinggi diantara negara lainnya khususnya diantara negara-negara Asia Tenggara lainnya.Hampir seluruh pengguna internet di Indonesia adalah pengguna aktif sosial media.Salah satu aplikasi media sosial yang sedang tren saat ini adalah Bigo Live.Bigo Live merupakan aplikasi live video streaming, dimana penggunanya bisa berinteraksi secara realtime.Popularitas Bigo Live di kalangan pengguna media sosial cukup tinggi karena pada 6 bulan pertama sejak waktu rilisnya, aplikasi tersebut telah menduduki urutan ke-10 pada Top Charts untuk aplikasi gratis di Google Play Store dan urutan ke-4 Top Charts untuk aplikasi gratis kategori sosial.  Keunikan Bigo Live lainnya yaitu Bigo Live memiliki nilai ekonomi dengan adanya sistem poin yang biasa disebut beans yang dapat ditukarkan dengan uang tunai apabila telah mencapai minimal 6.700 beans. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah menemukan motif yang mendorong penggunaan media sosial Bigo Live oleh mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Telkom. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif kepada empat orang informan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa motif yang mendorong penggunaan media sosial Bigo Live oleh mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Telkom ini relevan dengan teori motif penggunaan media yang diungkapkan oleh McQuail yaitu, motif informasi, motif identitas diri, motif integrasi dan interaksi sosial dan motif hiburan. Namun keempat motif tersebut tidak semuanya dimiliki informan, motif yang paling sering ditemukan adalah  motif informasi, interaksi dan hiburan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

manajemen-komunikasi

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Manajemen Komunikasi ISSN 2548-3242 and eISSN 2549-0079 contains articles written from research and study reports on Communication Management. Jurnal Manajemen Komunikasi incorporate with Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) Pengda Jawa Barat. JMK is published twice annually ...