Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab
No 1 (2015): Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab I

PEMIKIRAN MAHMUD YUNUS DALAM PENDIDIKAN BAHASA ARAB DAN PENGARUHNYA DI MADRASAH DAN PESANTREN DI INDONESIA

SYARIFUDDIN SYARIFUDDIN (Pendidikan Bahasa Arab Universitas Yudharta Pasuruan)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2017

Abstract

Mahmud Yunus adalah salah satu tokoh pembaharu dalam pendidikan bahasa Arab di Indonesia. Dalam pengajaran, Mahmud Yunus kala itu sudah menerapkan tiga pendekatan yaitu pendekatan rasional, praktis dan emosional (kognitif, psikomotorik dan afektif). Dalam hal metode, Mahmud Yunus menggunakan at-Thariqah al-Mubasyirah atau metode langsung (direct method). Dalam hal penerapan Thariqah Mubasyirah ini, Mahmud Yunus adalah salah satu orang pertama yang menerapkannya dalam pembelajaran bahasa Arab di Indonesia. Selain dalam pelajaran Bahasa Arab, penggunaan bahasa Arab juga digunakan sebagai bahasa pengantar untuk pelajaran-pelajaran agama karena ia berpendapat bahwa bahasa Arab adalah pintu atau gerbang untuk mempelajari ilmu-ilmu keislaman. Mahmud Yunus sangat mengutamakan metode dari pada materi untuk mendukung kurikulumnya. Namun ada hal yang sebenarnya lebih penting untuk mewujudkan kurikulum yang ideal selain manajemen madrasah dan tenaga kependidikan, yaitu guru. Guru harus mempunyai karakteristik yang baik yang harus tercermin dalam segala aktifitasnya sebagai ustadz, murabby, mu’allim, mursyid, mudarris, dan muaddib. Kata kunci: Mahmud Yunus, Pendidikan Bahasa Arab.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

konasbara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Konferensi Nasional Bahasa Arab tahunan JURUSAN SASTRA ARAB FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG Tema : Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia Sub Tema : Strategi Pembelajaran Bahasa Arab MetodePembelajaran Bahasa Arab Media Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum ...