Mahmud Yunus adalah salah satu tokoh pembaharu dalam pendidikan bahasa Arab di Indonesia. Dalam pengajaran, Mahmud Yunus kala itu sudah menerapkan tiga pendekatan yaitu pendekatan rasional, praktis dan emosional (kognitif, psikomotorik dan afektif). Dalam hal metode, Mahmud Yunus menggunakan at-Thariqah al-Mubasyirah atau metode langsung (direct method). Dalam hal penerapan Thariqah Mubasyirah ini, Mahmud Yunus adalah salah satu orang pertama yang menerapkannya dalam pembelajaran bahasa Arab di Indonesia. Selain dalam pelajaran Bahasa Arab, penggunaan bahasa Arab juga digunakan sebagai bahasa pengantar untuk pelajaran-pelajaran agama karena ia berpendapat bahwa bahasa Arab adalah pintu atau gerbang untuk mempelajari ilmu-ilmu keislaman. Mahmud Yunus sangat mengutamakan metode dari pada materi untuk mendukung kurikulumnya. Namun ada hal yang sebenarnya lebih penting untuk mewujudkan kurikulum yang ideal selain manajemen madrasah dan tenaga kependidikan, yaitu guru. Guru harus mempunyai karakteristik yang baik yang harus tercermin dalam segala aktifitasnya sebagai ustadz, murabby, mu’allim, mursyid, mudarris, dan muaddib. Kata kunci: Mahmud Yunus, Pendidikan Bahasa Arab.
Copyrights © 2015