Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab
No 2 (2016): Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab II

MENYIAPKAN GURU BAHASA ARAB PROFESIONAL DALAM MENGHADAPI DINAMIKA KURIKULUM

KHOLISIN KHOLISIN (Sastra Arab, Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2017

Abstract

Salah satu unsur penting dalam pengajaran dan pembelajaran adalah kurikulum. Sejalan dengan kebijakan pendidikan Nasional, seiring dengan tuntutan zaman, kurikulum bahasa Arab di sekolah/madrasah sudah mengalami sekian banyak kali perubahan. Perubahan itu terkadang bersifat substansial dan fundamental, tetapi terkadang hanya berupa perubahan lipstik bahkan artifisial. Dalam menghadapi dinamika tersebut, salah satu pihak yang paling banyak disibukkan adalah guru, karena ia merupakan ujung tombak implementasi kurikulum. Oleh karena itu guru, termasuk juga guru bahasa Arab, harus mampu menjadi sosok yang tahan banting terhadap dinamika perubahan kurikulum tersebut. Agar mampu menjadi sosok yang tahan banting, guru bahasa Arab harus mempunyai bekal yang cukup sebagai guru profesional. Ciri-ciri guru profesional adalah guru yang mempunyai kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi pedagogis dan kompetensi profesional. Sementara syarat profesional guru bahasa Arab antara lain adalah mempunyai kompetensi linguistik, kompetensi wacana, kompetensi strategis dan kompetensi sosiolinguistik. Selain itu, guru bahasa Arab profesional masa kini harus mampu beradaptasi dengan deru perkembangan era digital yang begitu cepat dan tanpa batas. Kata-kata Kunci: kurikulum 2013, bahasa Arab, guru, profesional

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

konasbara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Konferensi Nasional Bahasa Arab tahunan JURUSAN SASTRA ARAB FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG Tema : Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia Sub Tema : Strategi Pembelajaran Bahasa Arab MetodePembelajaran Bahasa Arab Media Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum ...