Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab
No 4 (2018): Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab IV

Strategi Pembelajaran Kemahiran Menulis bagi Peserta Didik Tunanetra

Abdal Chaqil Harimi (Pendidkan Bahasa Arab IAIN Purwokerto)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2018

Abstract

Abstrak: Demi terwujudnya pembelajaran yang inklusif bagi peserta didik yang memiliki keterbatasan seperti peserta didik tunanetra, seorang guru hendaknya memiliki variasi pembelajaran yang dapat membuat mereka untuk lebih mudah dalam mempelajari bahasa Arab. Sebagaimana dengan bahasa lainnya bahasa Arab juga memiliki empat kemahiran di dalamnya yang harus dikuasai oleh pebelajar bahasa. Salah satu kemahiran tersebut adalah kemahiran menulis. Peserta didik tunanetra memiliki keterbatasan dalam hal penglihatan. Oleh karena itu perlu modifikasi pembelajaran kemahiran membaca bagi peserta didik tunanetra, seperti pengenalan huruf-huruf braille Arab secara dini, pengenalan keybord komputer atau laptop dengan baik, serta modifikasi pembelajaran tahap-tahap penulisan bahasa Arab.Kata Kunci: Kemahiran, menulis, Tunanetra

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

konasbara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Konferensi Nasional Bahasa Arab tahunan JURUSAN SASTRA ARAB FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG Tema : Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia Sub Tema : Strategi Pembelajaran Bahasa Arab MetodePembelajaran Bahasa Arab Media Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum ...