Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab
No 4 (2018): Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab IV

PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK KEMAHIRAN BERBICARA DI SMPI AS-SHODIQ BULULAWANG MALANG

Moh. Fauzan (Universitas Negeri malang)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2018

Abstract

Abstrak: SMPI As-Shodiq Bululawang Malang adalah lembaga yang unik. Meskipun lembaga pendidikan ini dibawah naungan Departemen Pendidikan Nasional (DIKNAS) yang notebene tidak mewajibkan untuk mengajarkan pelajaran bahasa Arab, namun lembaga ini menyajikan pelajaran bahasa Arab 4 jam pertemuan (JP) dalam seminggu. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang hal-hal berikut ini: (1) Kurikulum, (2) metode, (3) bahan ajar, (4) media pembelajaran, dan (5) evalausi pembelajaran bahasa Arab untuk kemahiran berbicara di SMPI as-Shodiq Bululawang Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrument inti, instrument bantu yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumen. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara, angket dan dokumen. Langkah-langkah analisis data yang dilakukan adalah (1) pengecekan catatan lapangan, (2) reduksi data, (3) Penyajian data, dan (4) Penyimpulan. Untuk menguji kesahihan data dilakukan dengan cara: (1) observasi terus-menerus, (2) mendiskusiakan data hasil analisis dengan pihak tertentu yang dipandang ahli, (3) memeriksa kembali catatan lapangan dengan cermat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMPI As-Sodiq menggunakan kurikulum yang dikembangkan oleh guru sendiri. Metode yang digunakan adalah gramatika terjemah disamping itu juga menggunakan beberapa teknik, yaitu: diskusi, tanya jawab secara inpair dengan teman sejawat, wawancara, bercerita, dan tanya jawab dengan guru. Ada 3 bahan ajar yang digunakan yaitu: (1) Al-Arabiyyah Baina Yadaik jilid I karya Abdurrahman bin Ibrahim Al-Fauzan dkk, (2) Al-Arabiyyah li- An-Nasyi’iin Manhaj Mutakamil li Ghoir An-Natiqin bi Al-‘Arabiyyah jilid II karya Dr. Mahmud Isma’il Shiny dkk, dan (3) Cara Mudah Belajar Bahasa Arab Untuk Kelas VII. Media yang digunakan ialah yaitu: (1) laptop, (2) LCD, (3) sound system, (4) kartu kata, dan (5) apa yang ada di dalam kelas seperti meja, kursi, papan tulis, kapur tulis, dan lain-lain. Ada 3 jenis evaluasi yang dilakukan yaitu (1) Evaluasi harian, (2) Ujian Tengah Semester (UTS), dan (3) Ujian Akhir Semester (UAS).Kata kunci: pembelajaran, bahasa Arab, kemahiran berbicara

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

konasbara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Konferensi Nasional Bahasa Arab tahunan JURUSAN SASTRA ARAB FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG Tema : Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia Sub Tema : Strategi Pembelajaran Bahasa Arab MetodePembelajaran Bahasa Arab Media Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum ...