Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab
No 4 (2018): Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab IV

Bermain, Cerita, dan Menyanyi (BCM) dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Hanik Mahliatussikah (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2018

Abstract

Abstrak: bahasa merupakan ketrampilan. Untuk menguasai bahasa tertentu, seseorang dituntut untuk banyak berlatih menggunakan bahasa tersebut, baik secara reseptif maupun produktif.  Pembelajaran bahasa bagi penutur asing memerlukan metode tertentu untuk memudahkan belajar. Aktivitas pembelajaran  yang banyak melibatkan panca indra atau anggota tubuh dipercaya mampu memberikan pemerolehan bahasa lebih maksimal dibanding hanya  mendengarkan atau hanya melihat semata. Semakin banyak indra yang terlibat, maka semakin banyak pula ingatan siswa terhadap bahasa yang dipelajari. Di antara metode yang banyak melibatkan aktivitas indra adalah metode bermain, bernyanyi, dan bercerita. Ketiga metode inilah yang dianjurkan penerapannya dalam pembelajaran bahasa Arab, baik pembelajaran unsur-unsur bahasa maupun pembelajaran ketrampilan berbahasa. Dengan ketiga metode ini, diharapkan siswa akan memperoleh bahasa secara alamiah atau semi alamiah.Kata Kunci: bermain, bernyanyi, bercerita,

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

konasbara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Konferensi Nasional Bahasa Arab tahunan JURUSAN SASTRA ARAB FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG Tema : Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia Sub Tema : Strategi Pembelajaran Bahasa Arab MetodePembelajaran Bahasa Arab Media Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum ...