Abstrak: bahasa merupakan ketrampilan. Untuk menguasai bahasa tertentu, seseorang dituntut untuk banyak berlatih menggunakan bahasa tersebut, baik secara reseptif maupun produktif. Pembelajaran bahasa bagi penutur asing memerlukan metode tertentu untuk memudahkan belajar. Aktivitas pembelajaran yang banyak melibatkan panca indra atau anggota tubuh dipercaya mampu memberikan pemerolehan bahasa lebih maksimal dibanding hanya mendengarkan atau hanya melihat semata. Semakin banyak indra yang terlibat, maka semakin banyak pula ingatan siswa terhadap bahasa yang dipelajari. Di antara metode yang banyak melibatkan aktivitas indra adalah metode bermain, bernyanyi, dan bercerita. Ketiga metode inilah yang dianjurkan penerapannya dalam pembelajaran bahasa Arab, baik pembelajaran unsur-unsur bahasa maupun pembelajaran ketrampilan berbahasa. Dengan ketiga metode ini, diharapkan siswa akan memperoleh bahasa secara alamiah atau semi alamiah.Kata Kunci: bermain, bernyanyi, bercerita,
Copyrights © 2018