Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab
No 2 (2016): Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab II

ANALISIS HASIL TOAFL MAHASISWA JURUSAN SASTRA ARAB FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG

MOHAMMAD AHSANUDDIN (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2017

Abstract

Semenjak angkatan 2005, Jurusan Sastra Arab FS UM mewajibkan kepada mahasiswa untuk mengikuti Test of Arabic as a Foreign Language (TOAFL). Tujuannya adalah untuk menguji pemerolehan kebahasaan mahasiswa dan agar kompetensi lulusan JSA yang meliputi kompetensi pengetahuan dan pemahaman (knowledge and understanding), keterampilan intelektual (intellectual Skill), keterampilan praktis (Practicak skill) itu bisa terpenuhi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (a) tingkat kesulitan TOAFL Mahasiswa Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (MJSA FS UM), (b) daya pembeda TOAFL MJSA FS UM, dan (c) reliabilitas TOAFL MJSA FS UM. Penelitian ini menggunakan rancangan kualitatif dan sumber datanya adalah hasil TOAFL MJSA FS UM. Rancanangan penelitian ini adalah kuantitatif. Dikatakan demikian karena data yang dianalisis adalah angka-angka yang didapat dari hasil TOAFL MJSA FS UM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat kesulitan butir TOAFL pada aspek Fahm Al-Masmu’ (menyimak) ada butir yang dinyatakan sangat mudah, sulit, dan sangat sulit, (2) daya pembeda TOAFL soal menyimak dan struktur terdapat daya pembedanya negatif, tidak ada deskriminasi, dan kurang baik, (3) tingkat reliabilitas TOAFL MJSA FS UM sebesar 0,93. Kata Kunci: Analisis Hasil, TOAFL, bahasa Arab, Validasi, Daya Beda.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

konasbara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Konferensi Nasional Bahasa Arab tahunan JURUSAN SASTRA ARAB FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG Tema : Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia Sub Tema : Strategi Pembelajaran Bahasa Arab MetodePembelajaran Bahasa Arab Media Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum ...