Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab
No 4 (2018): Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab IV

Permainan “JENGA” Sebagai Media Pembelajaran Mufrodat Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Luqman Al-Hakim Batu

Moch Aris Andika dkk (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2018

Abstract

Abstrak : Teori perkembangan kognitif Piaget menyatakan anak usia 7-12 tahun, pada jenjang sekolah dasar (SD) berada pada tahap konkrit. Dalam tahapan tersebut, mereka memiliki kecenderungan untuk lebih menyukai aktifitas-aktifitas konkrit seperti bermain, bergerak, berkelompok dan senang melakukan sesuatu secara langsung. Sehingga untuk Anak-anak pada jenjang ini membutuhkan sebanyak mungkin pengalaman kongkrit dalam pembelajaran. Permainan “JENGA” berusahan membuat pembelajaran Bahasa Arab menjadi semakin konkrit dan bermakna. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh permainan “JENGA” dalam pembelajaran mufrodat siswa kelas III MI Luqman Al-Hakim Batu. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan observasi langsung ketika permainan “JENGA” digunakan dalam pembelajaran mufrodat di kelas III MI Luqman Al-Hakim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan “JENGA” dalam pembelajaran mufodat bahasa Arab dapat meningkatkan minat belajar Bahasa Arab siswa kelas III MI Luqman Al-Hakim.Kata Kunci : permainan JENGA, media pembelajaran, mufrodat

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

konasbara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Konferensi Nasional Bahasa Arab tahunan JURUSAN SASTRA ARAB FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG Tema : Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia Sub Tema : Strategi Pembelajaran Bahasa Arab MetodePembelajaran Bahasa Arab Media Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum ...