Journal Psikogenesis
Vol 5, No 2 (2017): Desember

Pelatihan Emotion Coaching Untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Orangtua Dalam Merespon Momen Emosional Anak Usia 4-5 Tahun

Reno Intan (Psikologi Terapan S2, Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia)
Farida Kurniawati (Psikologi Terapan S2, Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia)
Eko Handayani (Psikologi Terapan S2, Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2018

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan skor pengetahuan dan keterampilan orangtua dalam merespon momen emosional anak usia 4 – 5 tahun, dengan metode emotion coaching. Pelatihan diberikan selama tiga hari (N=12). Pengetahuan partisipan diukur menggunakan alat ukur yang terdiri dari dua bagian. Bagian pertama adalah kuesioner pengetahuan emotion coaching yang terdiri dari pertanyaan terbuka. Bagian kedua adalah kuesioner momen emosional yang diberikan dalam bentuk skala likert. Partisipan diberikan alat ukur yang sama di awal, di akhir pelatihan, dan follow up. Kegiatan follow up dilakukan setelah dua minggu. Untuk melihat perubahan pengetahuan, skor pada kuesioner pengetahuan dibandingkan. Keterampilan partisipan dalam merespon momen emosional anak yang terdapat dalam tayangan video, diukur dengan menggunakan ceklis emotion coaching. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor pengetahuan dan keterampilan pada partisipan. Pada follow up, partisipan menunjukkan penurunan skor pada pengetahuan tetang emotion coaching, namun terdapat peningkatan pengetahuan partisipan mengenai cara merepon momen emosional anak. Disarankan pengukuran kembali, terhadap keterampilan partisipan dengan menggunakan metode langsung seperti wawancara dan observasi untuk memastikan efektivitas pelatihan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Jurnal-Online-Psikogenesis

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Psikogenesis is a semiannualy publication produced by Fakultas Psikologi Universitas YARSI since 2012 (e-ISSN: 2597-7547, p-ISSN: 2303-3177). The journal reflects the wide application of all aspects of psychology related to health. It also addresses the social contexts in which psychological ...