Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 1, No 2 (2013)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI POKOK LINGKARAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KENDARI

Ernasari Sudjito (Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)
Muchtar Ibrahim (Unknown)
Suhar . (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan  model PBM, (2) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional dan (3) Perbedaan hasil belajar matematika siswa ditinjau dari model PBM dan pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini yaitu jika t hitung > t tabel maka Ho ditolak. Penelitian ini menyimpulkan: (1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model PBM memiliki rata-rata 75,86, (2)Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional memiliki rata-rata 69,08 dan (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah (kelas eksperimen) dan model pembelajaran konvensional (kelas kontrol), dengan nilai t hitung = 2,461 > t = 1,993.Kata Kunci: hasil belajar; pembelajaran berbasis masalah; konvensional tabel 

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...