Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2017)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 KENDARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

Wa Ode Subya (Unknown)
Utu Rahim (Unknown)
Suhar Suhar (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII-1 SMP Negeri 11 Kendari melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari : (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan Tindakan, (c) Observasi dan Evaluasi, dan (d) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 dengan jumlah 30 orang yang terdiri dari 16 laki-laki dan 14 perempuan. Dari hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan (1) Keterlaksanaan skenario pembelajaran yang dilakukan oleh guru mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 70 % dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 100 %. (2) Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 66,66 % mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 100 %. (3) Persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat, yaitu pada siklus Iketuntasan belajar secara klasikal sebesar 56,66 % dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 86,66 %. Berdasarkan hasil penelitian yang dikemukakan di atas, maka dapat disimpulkanbahwa hasil belajar matematika siswa kelas VII-1SMP Negeri 11 Kendari dapat ditingkatkan melaluimodel pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...