Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2017)

PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP KESEHATAN MANDONGA

Nurwahyuni Nurwahyuni (Unknown)
Zamsir Zamsir (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah rata-rata hasil belajar matematika siswa setelah diajar dengan pendekatan PMR lebih tinggi dari pada sebelum diajar dengan PMR. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Kesehatan Mandonga. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan tes hasil belajar matematika berbentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktifitas pembelajaran matematika dengan menggunakan PMR berturut di kelas VII.A yaitu 71,43%; 80,95%; 90,48%; 76,19%; 80,95%; 95,23%, kelas VII.B 66,67%; 61,90%; 85,71%; 85,71%; 90,48%; 95,23%. Kelas VII.C 80,95%; 76,19%; 80,95%; 90,48%; 80,95%; 95,23%. Adapun keaktifan siswa di kelas VII.A yaitu 70%; 70%; 75%; 85%; 80%; 95%,  kelas VII.Byaitu 80%; 75%; 85%; 90%; 95%; 95%. Sedangkan kelas VII.C yaitu 65%; 80%; 85%; 80%; 95%; 95%; (2) Rata-rata pretest sebesar 50,25; (3) Rata-rata posttest sebesar 57,48; (4) Rata-rata hasil belajar siswa setelah diajar dengan pendekatan PMR lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa sebelum diajar dengan PMR.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...