Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2016)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KENDARI

Sunar Adianto (Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)
Muhammad Sudia (Unknown)
La Misu (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui deskripsi tingkat kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah (2) Untuk mengetahui deskripsi tingkat kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional (3)Untuk  mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMPN 4  Kendari pada materi TeoremaPythagoras. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh beberapa kesimpulan yaitu: (1) kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah memiliki nilai minimum 37,50, nilai maksimum 93,75, nilai rata-rata 70,53, deviasi standar 13,77 dan varians 189,73. (2) kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan menggunakanpembelajaran konvensional memiliki nilai minimum 31,25, nilai maksimum 81,25, nilai mean 57,67, standar deviasi 12,69 dan varians 161,04 (3) Terdapat pengaruh  yang signifikan model pembelajaranberbasis masalah terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMPN 4 Kendari padamateri Teorema Pythagoras.  Kata Kunci: pembelajaran berbasis masalah; kemampuan penalaran matematis

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...