Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran kemampuan siswa; (2) kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa; dan (3) faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kendari dalam menyelesaikan soal-soal operasi hitung pada pecahan. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas VII.3 sebanyak 31 orang, dan subjek yang diwawancarai terdiri dari 6 orang. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) nilai tes kemampuan penyelesaian soaloperasi hitung pada pecahan siswa berkisar 10,989 sampai dengan 82.418 dengan rata–rata 40,057; median 41,758; dan modus 47,253; (2) jenis kesalahan yang dilakukan siswa meliputi kesalahan konsep, prinsip, dan prosedural; dan (3) faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa yaitu: siswa tidak menguasai konsep–konsep prasyarat, kurangnya motivasi siswa, siswa belum memahami konsep penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian operasi hitung pada pecahan, siswa kurang mampu dalam menyusun langkah-langkah yang sistematis untuk menjawab soal-soal operasi hitung pada pecahan, dan kecerobohan siswa. Kata Kunci: analisis kesalahan, pecahan, hasil jawaban siswa.
Copyrights © 2016