Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 4, No 2 (2016)

ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL–SOAL OPERASI HITUNGPECAHAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 KENDARI

Badaruddin . (Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)
Kadir . (Unknown)
Mustamin Anggo (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran kemampuan siswa; (2) kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa; dan (3) faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kendari dalam menyelesaikan soal-soal operasi hitung pada pecahan. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas VII.3 sebanyak 31 orang, dan subjek yang diwawancarai terdiri dari 6 orang. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) nilai tes kemampuan penyelesaian soaloperasi hitung pada pecahan siswa berkisar 10,989 sampai dengan 82.418 dengan rata–rata 40,057; median 41,758; dan modus  47,253; (2) jenis kesalahan yang dilakukan siswa meliputi kesalahan konsep, prinsip, dan prosedural; dan (3) faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa yaitu: siswa tidak menguasai konsep–konsep  prasyarat, kurangnya motivasi siswa, siswa belum memahami konsep penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian operasi hitung pada pecahan, siswa kurang mampu dalam menyusun langkah-langkah yang sistematis untuk menjawab soal-soal operasi hitung pada pecahan, dan kecerobohan siswa. Kata Kunci: analisis kesalahan, pecahan, hasil jawaban siswa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...