Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 1, No 2 (2013)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS DAN NHT PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KENDARI

Wa Ode sam Hartarty (Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)
Kadir Tiya (Unknown)
Suhar . (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) karakter siswa ditinjau dari aspek perilaku berkarakter  dan keterampilan sosial dalam pembelajaran matematika, (2) perbedaan antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe (TSTS, NHT dan STAD) secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika, (3) perbedaan antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe (TSTS dan STAD) terhadap hasil belajar matematika, (4) perbedaan antara penerapan model pembelajaran kooperatif  tipe (NHT dan STAD) terhadap hasil belajar matematika, dan (5) perbedaan antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe (TSTS dan NHT) terhadap hasil belajar matematika. Teknik analisis data menggunakan program SPSS 16 secara deskriptif maupun inferensial dengan statistik uji-F dan uji-t. Hasil analisis data dan pembahasan menghasilkan kesimpulan bahwa tidak ada perbedaan yangsignifikan antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe (TSTS, NHT dan STAD) secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika dan secara parsial penerapan model pembelajaran kooperatif tidak mempunyai perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar matematika.Kata Kunci : hasil belajar matematika; TSTS; NHT 

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...