Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 2, No 1 (2014)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJADARI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 LAMBUYA

Hajeniati, Nining (Unknown)
., Hasnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lambuya yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching. (2) Hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lambuya yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. (3) Ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teachingdan model pembelajaran konvensional siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lambuya.Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik Purposive Sampling.Hasil penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukkan bahwa (1) Rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching adalah 73,55 (2) Rata-rata hasilbelajar siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional adalah 67,96, (3) Ada perbedaan yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Reciprocal Teachingpada siswa kelas VIIA dan pembelajaran konvensional pada kelas VIIC SMP? Negeri? 1 Lambuya.?Kata Kunci: pembelajaran reciprocal teaching; pembelajaran? konvensional; hasil belajar

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...