Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas VIII-D SMPN 5 Kendari melalui Strategi pembelajaran Scaffolding. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Hasil penelitian disimpulkan: melalui strategi pembelajaran Scaffolding, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-D SMPN 5 Kendari dapat ditingkatkan, yaitu dari segi keterlaksanaan pembelajaran dari 75 % pada siklus I, 85 % pada siklus II, 95% pada siklus III dari segi kemampuan pemecahan masalah matematika meningkat dari hasil tes awal, yaitu dari 36 orang siswa hanya 6 orang atau 17,14 % siswa telah mencapai KKM meningkat pada hasil tes siklus I menjadi 13 orang siswa atau 37 % siswa telah mencapai KKM meningkat pada siklus II menjadi 22 orang siswa atau 63 % siswa telah mencapai KKM dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 31 orang siswa atau 89% siswa mencapai KKM.Kata Kunci: pemecahan masalah matematika; pembelajaran scaffolding; kooperatif
Copyrights © 2015