Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 3, No 3 (2015)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII-B SMP NEGERI 2 KENDARI PADA MATERI BILANGAN PECAHAN MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR)

Noer Rakhmat Yanti (Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)
La Ode Ahmad Jazuli (Unknown)
Latief Sahidin (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Kendari pada materi bilangan pecahan melalui pembelajaran matematika realistik (PMR). Dari hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan: (1) keterlaksanaan skenario pembelajaran yang dilakukan oleh guru mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 59,56% dan meningkat pada siklus II sebesar 88,97%. (2) aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 62,5%, mengalami peningkatan siklus II sebesar 90,44%. (3) presentase hasil belajar siswa meningkat yaitu pada tes awal presentase ketuntasan secara klasikal sebesar 1,89%, meningkat padasiklus I sebesar 18,42% dan meningkat siklus II sebesar 71,05%. Berdasarkan hasil penelitian yang dikemukakan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Kendari pada materi bilangan pecahan dapat ditingkatkan melalui Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), namun belum mencapai indikator ketercapaian hasil belajar yaitu 85%secara klasikal siswa memperoleh nilai minimal 2,66. Kata Kunci: matematika realistik; proses pembelajaran matematika; hasil belajar matematika. 

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...