Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2017)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA KELAS VII-F SMP NEGERI 7 KENDARI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs)

Muhammad Rifal (Unknown)
Muhammad Sudia (Unknown)
La Masi La Masi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) meningkatkan kualitas pembelajaran kelas VII-F SMP Negeri 7 Kendari melalui Conceptual Understanding Procedures; 2) meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa kelas VII-F SMP Negeri 7 Kendari melalui Conceptual Understanding Procedures. Hasil penelitian dari segi kualiatas pembelajaran yang dilakukan guru pada siklus I mencapai 73,68%, meningkat pada siklus II sebesar 89,47% dan meningkat pada siklus III mencapai 100%. Dari segi kemampuan komunikasi matematik, pada tes awal tidak ada siswa mencapai kriteria yang telah ditentukan, meningkat pada siklus I menjadi 14,28% siswa mencapai kriteria, meningkat pada siklus II menjadi 50,00% mencapai kriteria dan meningkat pada siklus III menjadi 85,71% mencapai kriteria yang telah ditentukan. Jadi, melalui model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures kemampuan komunikasi matematik siswa dapat ditingkatkan. Hal ini dapat ditunjukkan dari segi keterlaksanaan skenario pembelajaran dilakukan oleh guru mencapai 100%, dan kemampuan komunikasi matematik siswa telah mencapai indikator yang telah ditentukan sebesar 85,71%

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...