Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 6, No 1 (2018)

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KONAWE SELATAN

Rahmat Bahar (Unknown)
Mustamin Anggo (Unknown)
La Arapu La Arapu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematik siswa dan sulitnya guru menggunakan pendekatan pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan tes kemampuan berpikir kreatif matematik berbentuk uraian. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan :  (1) ratarata N-gain kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang diajar dengan pendekatan open-ended sebesar 0,2138. (2) rata-rata N-gain kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional sebesar 0,0809. (3) tingkat keterlaksanaan proses pembelajaran openended selama 4 kali pertemuan secara berturut turut adalah 75%, 87,5%, 93,75% dan 100%.  (4) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran open-ended lebih baik secara signifikan daripada peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional pada siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Konawe Selatan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...