Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang ketuntasan tes yang diberikan pada ulangan matematika siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kendari semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014, untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Kendari semester ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014, untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kendari semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014 pada setiap kompetensi dasar yang ada. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kualitas tes yang diberikan pada ulangan matematika,siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kendari semester ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014 tergolong tidak baik, (2) Ketuntasan belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kendari semester ganjil Tahun Pelajaran2013/2014 pada setiap materi masih banyak yang belum tercapai. 20% yang tercapai sedangkan belum tercapai sebesar 80%, (3) Ketuntasan belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kendari semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014 pada setiap kompetensi dasar masih banyak yang belum tercapai.Persentasenya sebesar 20% yang telah tercapai danbelum tercapai sebesar 80%.Tidak tuntasnya hasil belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kendari karena kurangnya pemahaman konsep  dan tes yang di ujikan kurang baik.  Kata Kunci: kualitas tes; hasil belajar matematika; tingkat kesukaran
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014