Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS
Vol 2, No 2 (2018): Terbit 2 kali dalam setahun

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI DI KOTA KENDARI

Wa Ani, Wa Ani (Unknown)
Mursidin, Mursidin (Unknown)
Darnawati, Darnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) Hubungan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar Ekonomi siswa kelas X SMAN  di Kota Kendari, (2) Hubungan penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X SMAN  Di Kota Kendari, dan (3) Hubungan motivasi belajar siswa dan penggunaan media pembelajaran  secara bersama-sama dengan hasil belajar Ekonomi siswa kelas X SMAN  di Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.  Temuan dalam penelitian ini adalah: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Ekonomi siswa Kelas  X SMA Negeri di Kota Kendari, seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi 0,772 dan koefisien determinasi 0,596, (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa Kelas X SMA Negeri di Kota Kendari, seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi 0,780 dan koefisien determinasi 0,608, (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan motivasi belajar siswa dan media pembelajaran secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa Kelas X SMA Negeri di Kota Kendari, seperti ditunjukkan oleh koefisien determinasi 0,831.Kata kunci: Motivasi belajar, Media pembelajaran, Hasil Belajar Ekonomi

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JWKP-IPS

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS adalah jurnal yang memuat hasil penelitian ilmiah yang memiliki nuansa akademik yang inovatif dalam bidang kajian pendidikan IPS. ...