Abstrak: Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) Implementasi nilai pendidikan karakter dalam lingkunagan keluarga orang Bugis di Kecamatan Basala Kabupaten Konawe Selatan, (2) Faktor-faktor yang menjadi hambatan orang tua dalam mengimplementasikan nilai pendidikan karakter pada anak dalam lingkungan keluarga orang Bugis di Kecamatan Basala Kabupaten Konawe Selatan, dan (3) Faktor-faktor yang menjadi pendukung dalam mengimplementasikan nilai pendidikan karakter pada anak dalam lingkungan keluarga orang Bugis di Kecamatan Basala Kabupaten Konawe Selatan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode etnografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pelaksanaan nilai pendidikan karakter dalam lingkunagan keluarga orang Bugis di Kecamatan Basala Kabupaten Konawe Selatan yaitu: (a) nilai religius : mengajarkan anak tentang prinsip dasar ketuhanan, dan menumbuhkan kebiasaan anak untuk beribadah, mengajarkan anak untuk sopan dan santun kepada orang lain, dan mengajarkan anak untuk menanamkan jiwa wirausaha berdasarkan syariat islam, (b) mengajarkan anak untuk sopan dan santun kepada orang lain, (c) membiasakan anak untuk berkata jujur, (d) membiasakan anak untuk disiplin, dan (e) mengajarka anak untuk mandiri, (2) Faktor-faktor yang menjadi hambatan orang tua dalam mengimplementasikan nilai pendidikan karakter pada anak dalam lingkungan keluarga orang Bugis di Kecamatan Basala Kabupaten Konawe Selatan adalah: (1)  faktor internal berasal dari kesibukan orang tua, dan (2) faktor eksternal berasal dari pengaruh pergaulan di lingkungan sekitar anak, dan pengaruh teknologi informasi dan komunikasi,dan (3)Faktor-faktor yang menjadi pendukung dalam mengimplementasikan nilai pendidikan karakter pada anak dalam lingkungan keluarga orang Bugis di Kecamatan Basala Kabupaten Konawe Selatan adalah: (1) peran orang tua, (2) lingkungan, dan (3) anak.Kata Kunci: Pendidika Karakter, Lingkungan Keluarga, dan Pappaseng
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017