Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan perbedaan antara: 1) hasil belajar kognitif siswa kelas V SD Negeri 01 Poasia yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning   dan yang diajar dengan pendekatan pembelajaran lansung, 2) hasil belajar afektif siswa kelas V SD Negeri 01 Poasia yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning   dan yang diajar dengan pendekatan pembelajaran lansung, 3) hasil belajar psikomotor siswa kelas V SD Negeri 01 Poasia yang diajar model pembelajaran problem based learning dan yang diajar dengan pendekatan pembelajaran lansung. Penelitian ini adalah eksperimen Pos test only control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning dan siswa yang diajar dengan model pendekatan pembelajaran lansung  seperti ditunjukkan oleh nilai signifikansi yang lebih kecil dari a0,05, 2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar afektif siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning dan siswa yang diajar dengan model pendekatan pembelajaran lansung seperti ditunjukkan oleh nilai signifikansi yang lebih kecil dari a0,05, dan 3) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar psikomotor siswa yang diajar dengan model problem based learning dan siswa yang diajar dengan model pendekatan pembelajaran lansung seperti ditunjukkan oleh nilai signifikansi yang lebih kecil dari a0,05.Kata Kunci: Model problem based learning, Model pembelajaran lansung, Hasil Belajar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017