Mutu dan kualitas pembelajaran di kelas dapat ditingkatkan melalui salah satu alternatif pemanfaatan model pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan menulis cerpen siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan model pembelajaran pemetaan pikiran (mind mapping). Hasil analisis data yang diperoleh setelah dilakukan tindakan melalui penerapan model pembelajaran pemetaan pikiran (mind mapping). Terdapat peningkatan keaktifan siswa kelas IX A SMP Negeri 3 Sumur dalam pembelajaran menulis cerita pendek. Hal ini dilihat dari keaktifan siswa dari siklus I ke siklus dua mengalami peningkatan kategori. Pada siklus II, dua aspek kualifikasi tinggi dan enam aspek kualifikasi sangat tinggi. Penerapan model pemetaan pikiran (mind mapping) dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX A SMP Negeri 3 Sumur dengan kriteria ketuntasan Minimal (KKM) yakni nilai rata-rata 57,5. Kemampuan itu meningkat secara bertahap dari rata-rata 66,3 di siklus I ke rata-rata 77,2 pada siklus II.
Copyrights © 2016