MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran
Vol 2 No 1 (2016)

Penerapan Model Pembelajaran Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa SMP

Marjuki Marjuki (SMP Negeri 3 Sumur, Pandeglang)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2016

Abstract

Mutu dan kualitas pembelajaran di kelas dapat ditingkatkan melalui salah satu alternatif pemanfaatan model pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan menulis cerpen siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan model pembelajaran pemetaan pikiran (mind mapping). Hasil analisis data yang diperoleh setelah dilakukan tindakan melalui penerapan model pembelajaran pemetaan pikiran (mind mapping). Terdapat peningkatan keaktifan siswa kelas IX A SMP Negeri 3 Sumur dalam pembelajaran menulis cerita pendek. Hal ini dilihat dari keaktifan siswa dari siklus I ke siklus dua mengalami peningkatan kategori. Pada siklus II, dua aspek kualifikasi tinggi dan enam aspek kualifikasi sangat tinggi. Penerapan model pemetaan pikiran (mind mapping) dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX A SMP Negeri 3 Sumur dengan kriteria ketuntasan Minimal (KKM) yakni nilai rata-rata 57,5. Kemampuan itu meningkat secara bertahap dari rata-rata 66,3 di siklus I ke rata-rata 77,2 pada siklus II.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

mendidik

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran (MENDIDIK) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mathlaul Anwar Banten dengan tujuan utama menyediakan forum internasional bagi akademisi, peneliti, dan praktisi pendidikan untuk berbagi, ...