Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran dan LKS berbasis pendekatan pendidikan matematika realistik yang valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu 1) pendefinisian (define), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (develop), dan 4) penyebaran (dessiminate). Perangkat pembelajaran matematika kontekstual yang dikembangkan adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Untuk melihat keefektifannya dilakukan dengan cara mengamati aktivitas dan hasil belajar siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) yang dihasilkan sudah valid dilihat dari segi konstruk dan isinya untuk Kelas VII SMP Negeri 14 Merangin. Perangkat pembelajaran matematika kontekstual sudah dapat dikatakan praktis dari segi pelaksanaan pembelajarannya dan efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa untuk kelas VII. Perangkat pembelajaran pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR), sudah di ujicobakan dan diimplementasikan. Berdasarkan hasil ujicoba dan implementasi dapat dikatakan bahwa perangkat pembelajaran pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) valid, praktis dan efektif
Copyrights © 2017