Penelitian ini dilatar belakangi oleh perilaku anak yang kurang sesuai dengan apa yang diharapkan, seperti masih adanya perilaku sok kuasa, pertengkaran, mengejek, kurang keterbukaan kepada teman ataupun orang tua apabila ada masalah dan lain sebagainya. Hal ini diduga karena pola pendidikan yang diberikan oleh orangtua masih kurang efektif, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan pola pendidikan serta mengetahui pengaruh pola pendidikan terhadap perkembangan sosial anak pada keluarga prasejahtera di Desa Muaro Belengo Kecamatan Pamenang. Berdasarkan hasil penelitian di dapat hasil bahwa pola pendidikan pada anak pada keluarga prasejahtera I di desa Muaro Belengo Kecamatan Pamenang Kabupaten Merangin sebagai berikut orang tua kadang-kadang dan tidak pernah menarapkan pola pendidikan otoriter dengan persentase 50,61% kadang-kadang menerapkan pola pendidikan, demokratis 46,67 % dan permisif 47,34% pada anak
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018