JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN
Vol 13 No 1 (2019): Jurnal Perspektif Pendidikan

UPAYA MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ PADA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI KELAS V SD NEGERI KEDONDONG

Eka Puspita Sari (Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia)
Badarudin B. (Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia)
Ana Andriani (Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya efikasi diri dan prestasi belajar peserta didik di kelas V SD Negeri Kedondong. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan efikasi diri dan prestasi belajar peserta didik melalui pembelajaran team quiz. Penelitian ini terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas V di SD Negeri Kedondong, Kecamatan Sokaraja, sebanyak 26 orang. Instrument yang digunakan adalah teknik tes menggunakan soal evaluasi dan teknik non tes menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan team quiz dapat meningkatkan efikasi diri dan prestasi belajar peserta didik dengan kriteria baik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Perspektif Pendidikan (JPP) memuat artikel hasil penelitian Pendidikan, Pembelajaran, Penelitian dan pengembangan Pendidikan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan ...