Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan dari rumusan masalah terkait adakah hubungan positif dan signifikan antara dukungan teman sebaya dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi, karena di dalam penelitian ini bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan antara lingkungan teman sebaya dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri 4 Lubuklinggau. Dalam penelitian ini ada dua variabel bebas dan satu variabel terikat.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah lingkungan teman sebaya (X1) dan minat belajar (X2), sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara teman sebaya dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 4 Lubuklinggau, dengan koefisien korelasi sebesar 0.479. dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar matematika dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 4 Lubuklinggau, dengan koefisien korelasi sebesar 0.362.
Copyrights © 2011