Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang penerapan model pengajaran respons pembaca dalam upaya mengoptimalisasikan hasil belajar apresiasi sastra cerita pada siswa Kelas 1 SMP Negeri 5 Lubuklinggau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam tiga siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, angket, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model respons pembaca dapat mengoptimalisasikan hasil belajar siswa Kelas 1 SMP Negeri 5 Lubuklinggau dalam mengapresiasi sastra cerita. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase rata-rata dari hasil tes awal, tes akhir merespons cerita pada siklus 1, siklus 2, dan siklus 3. Pada siklus 3 persentase pemahaman rata-rata siswa dalam mengapresiasi sastra cerita sudah mencapai ketuntasan belajar (85.03%). Di samping itu juga, dapat dilihat dari perbanbingan peningkatan gain, rata-rata gain siswa secara keseluruhan meningkat sebesar 18.55% dari siklus 1 sampai siklus 3. Dalam proses pelaksanaan pembelajaran, terlihat siswa aktif dalam kegiatan diskusi merespons cerita. Dalam merespons cerita, siswa terlibat langsung dalam proses pemaknaan karya sastra. Hasil merespons cerita oleh siswa menunjukkan respons yang bersifat sementara, relative, dan variatif.
Copyrights © 2012