JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN
Vol 7 No 2 (2013): Jurnal Perspektif Pendidikan

Perbedaan Penerapan Metode Pratikum dengan Metode Diskusi terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Lubuklinggau

Nopa Nopiyanti (STKIP PGRI Lubuklinggau)
Ria Dwi Jayati (STKIP PGRI Lubuklinggau)
Nurhasanah N. (STKIP PGRI Lubuklinggau)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk perbedaan yang signifikan antara penerapan metode pratikum dengan metode diskusi terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa Prodi. Pendidikan Biologi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester II berjumlah 2 kelas yang diambil secara acak. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes dengan teknik analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (uji Independent sample t-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara penerapan metode pratikum dengan metode diskusi terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa. Perbedaan ini ditunjukkan bahwa hasil belajar kognitif mahasiswa dengan penerapan metode praktek lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar kognitif mahasiswa dengan penerapan metode diskusi.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Perspektif Pendidikan (JPP) memuat artikel hasil penelitian Pendidikan, Pembelajaran, Penelitian dan pengembangan Pendidikan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan ...