JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah)
Vol 1 No 1 (2019)

Peningkatan Penerapan Metode Diskusi Melalui Kunjungan Kelas Pada Guru Kelas V SD Binaan

Sutriyono Sutriyono (Dinas Pendidikan Kab. OKU Timur)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2019

Abstract

Metode mengajar merupakan ketrampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena peranan metode mengajar sebagai alat untuk menciptakan proses belajar mengajar. Dengan metode diskusi dan resitasi ini diharapkan tumbuh berbagai kegiatan belajar siswa sehubungan dengan kegiatan mengajar guru. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, mengetahui bagaimana implementasi metode diskusi dalam meningkatkan prestasi prestasi kinerja guru. Kedua, mengetahui apakah dengan adanya implementasi metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan sekolah pengumpulan data menggunakan observasi dan catatan lapangan, dan teknik analisis dengan melakukan reduksi data, inferensi, tahap tindak lanjut dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan metode diskusi adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman guru terhadap suatu proses pembelajaran. Keaktifan siswa dalam proses diskusi dapat dirangsang melalui beberapa penghargaan seperti halnya memberikan nilai tambahan bagi siswa yang aktif dalam proses diskusi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jemari

Publisher

Subject

Education

Description

JEMARI : (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) is Journal of language education and literature is a peer-reviewed journal. It is published by Elementary Teachers’ Education of STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU Timur in both print and online version. It aims at reporting high-quality empirical and ...