Artikel merupakan hasil penelitian kualitatif yang membahas tentang pariwisata kreatif dengan studi kasus Saung Angklung Udjo (SAU). Sinergi kreativitas dan pariwisata kreatif memiliki potensi besar untuk mempercepat perkembangan ekonomi, sosial dan budaya. Oleh karena itu, kunci sukses SAU sebagai objek daya tarik wisata berbasis kreativitas perlu digali untuk menjadi inspirasi dan model bagi pengembangan pariwisata kreatif di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Udjo Ngalagena (Pendiri SAU) berhasil mengemas "angklung" menjadi objek wisata dalam kegiatan produksi kreatif, pendidikan, pertunjukan dan dapat memberikan nilai tambah dalam perekonomian. Udjo berhasil membangun partisipasi masyarakat dan partisipasi wisatawan dalam mengembangakan pariwisata kreatif di SAU. Pariwisata kreatif di SAU pada akhirnya berhasil meningkatkan kualitas produk pariwisata budaya dan berdampak pada keberlanjutan atraksi wisata yang ditawarkan. Kata Kunci: Wisata Kreatif, Saung Angklung Udjo, Udjo Ngalagena.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018