PRATAMA WIDYA : JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Vol 3, No 2 (2018): PRATAMA WIDYA JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

STIMULASI MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA DINI

Yeni Lestari, Ni Gusti Ayu Made ( Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2019

Abstract

Tujuan dari penulisan ini artikel ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana stimulasi membaca permulaan untuk anak usia dini. Membaca permulaan merupakan salah satu aspek pengembangan bahasa yang penting bagi anak usia dini. Tidak dipungkiri banyak terjadi perdebatan tentang apakah anak usia dini boleh diajarkan membaca. Permasalahan sebenarnya bukan terletak pada boleh atau tidaknya diberikan, tapi lebih kepada kesiapan anak dan bagaimana cara memberikannya. Membaca permulaan yang merupakan sebuah pengenalan yang diberikan kepada anak usia dini, khususnya yang telah memiliki kesiapan membaca bertujuan untuk memberikan dasar-dasar mekanisme membaca, seperti kemampuan mengasosiasikan huruf dengan bunyi-bunyi bahasa yang diwakilinya, melatih gerakan bola mata, dan kesiapan visual serta auditori anak. Sesuai dengan dunia anak yaitu bermain, maka kegiatan membaca permulaan pun seharusnya diberikan melalui bermain. Bermain memberikan anak rasa senang, kebebasan, dan kepuasan. Permainan yang menarik dan melibatkan huruf ataupun kata-kata akan merangsang anak untuk memiliki kemampuan membaca permulaan. Melalui membaca permulaan seorang anak dapat menambah wawasannya yang menjadi bekal bagi keberhasilannyaKata kunci: Membaca permulaan, anak usia dini, kegiatan bermain

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PW

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Hindu Fakultas Dharma Acarya Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar ini didedikasikan sebagai media untuk mempublikasikan pemikiran maupun penelitian yang berkaitan dengan topik ...