Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi belajar matematika siswa dengan menggunakan metode pembelajaran trial by jury pada siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2015-2016. Untuk mengetahui partisipasi belajar matematika siswa dengan menggunakan metode pembelajaran ceramah pada siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2015-2016. Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran trial by jury terhadap partisipasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2015-2016. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai rata-rata partisipasi belajar siswa dengan model pembelajaran trial by jury adalah 39,10. Perolehan nilai rata-rata ini menandakan bahwa kelompok eksperimen memiliki partisipasi belajar matematika siswa yang sangat tinggi. Nilai rata-rata partisipasi belajar matematika siswa yang diberikan dengan metode ceramah adalah 28,38. Perolehan nilai rata-rata ini menandakan bahwa kelas kontrol memiliki partisipasi belajar matematika yang cukup baik. Proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran trial by jury berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan partisipasi belajar matematika siswa yaitu efektif sebesar 21,44% bila dibandingkan dengan metode pembelajaran ceramah dalam meningkatkan partisipasi belajar matematika siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018