Majalah Ilmiah Kaputama
Vol 2, No 2 (2018): EDISI JULI 2018

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TRIAL BY JURY TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA MTS NEGERI 2 MEDAN T.P 2015/2016

Rahayu, Rizka Putri (Unknown)
Fauzi, Achmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2018

Abstract

Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi belajar matematika siswa dengan menggunakan metode pembelajaran trial by jury pada siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2015-2016. Untuk mengetahui partisipasi belajar matematika siswa dengan menggunakan metode pembelajaran ceramah pada siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2015-2016. Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran trial by jury terhadap partisipasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2015-2016. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai rata-rata partisipasi belajar siswa dengan model pembelajaran trial by jury adalah 39,10. Perolehan nilai rata-rata ini menandakan bahwa kelompok eksperimen memiliki partisipasi belajar matematika siswa yang sangat tinggi. Nilai rata-rata partisipasi belajar matematika siswa yang diberikan dengan metode ceramah adalah 28,38. Perolehan nilai rata-rata ini menandakan bahwa kelas kontrol memiliki partisipasi belajar matematika yang cukup baik. Proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran trial by jury berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan partisipasi belajar matematika siswa yaitu efektif sebesar 21,44% bila dibandingkan dengan metode pembelajaran ceramah dalam meningkatkan partisipasi belajar matematika siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

MAIKA

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Other

Description

Terbit Setiap Bulan Januari dan Juni Setiap Tahunnya. Majalah tersebut merupakan Media publikasi untuk bidang Komputer, bidang pendidikan dan bidang umum ...