Jurnal PGSD
Vol 4 No 01 (2018): Januari-Juni

PENGGUNAAN METODE BRAINSTROMING BERBANTUAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA MEMPENGARUHI GERAK BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Mimin Darmini (Universitas Muhammadiyah Cirebon)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang muncul pada diri siswa yang masih kurang maksimal dalam hasil belajar dan aktivitas belajar. Kurangnya hasil belajar dan aktifitas belajar siswa ini diakibatkan pembelajaran yang masih bersifat konvensional, pembelajaran belum menggunakan bantuan media akibatnya, siswa merasa cepat bosan, jenuh, sehingga hasil belajar dan aktivitas siswa kurang maksimal. Maka dari itu perlu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Salah satu alternatifnya yaitu dengan menggunakan metode pembelajaranbrainstroming, lewat metode brainstroming berbantuan media benda konkret, diharapakan hasil belajar dan aktivitas siswa lebih baik dibanding cara konvensional. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA materi gaya mempengaruhi gerak benda di kelas IV sekolah dasar. Jadi, dengan adanya masalah tersebut, peneliti mencoba meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa yang masih kurang maksimal, dengan melakukan penelitian tindakan kelas. Berdasarkan latar belakang masalah yang dihadapai anak, peneliti mencoba meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan metode brainstroming berbantuan media benda Konkret, dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart model spiral refleksi diri, yang dimulai dengan Planing, action, observing, reflecting, dan perencanaan kembali, dan memakai instrumen pembelajaran meliputi, observasi aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Metode Brainstroming, Media benda Konkret, Hasil belajar siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPS

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Ilmiah tentang Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah ...