Persaingan di dunia bisnis saat ini semakin ketat apalagi dalam dunia internet yang terus berkembang. Dampak dari persaingan tersebut ialah pertumbuhan ekonomi semakin cepat. Oleh karena itu PT. Anugerah Mandiri memberikan informasi dan pelayanan yang baik bagi pelanggan dan masyarakat luas mengenai produk yang akan ditawarkan. Dalam hal ini agar para pelanggan bisa terjaga dan tidak berpindah ke produsen yang lain. Perusahaan ini sudah menjalankan bisnis yang bergerak dalam bidang penjualan barang dan jasa, namun masih ditemukan berbagai masalah, seperti pelanggan sulit memesan barang diluar jam kerja perusahaan karena keterbatasan perusahaan untuk melayani pelanggan secara real time 24 jam dalam sehari dan adanya jenis produk baru yang berbeda yang masih harus lebih diketahui oleh pelanggan. Oleh karena itu penerapan teknologi informasi sangatlah penting, seiring dengan perkembangan globalisasi, dunia perdagangan dan dunia bisnis yang juga ikut berkembang dengan munculnya model transaksi bisnis dengan teknologi tinggi. Maka muncul ide oleh peneliti untuk mengajukan Prototipe Sistem Customer Relationship Management Berbasis E-Commerce menggunakan Metode User Centered Design dengan Codeigniter Framework untuk Perusahaan. Alasan menggunakan CodeIgniter Framework lebih standar, pengorganisasian teratur, mudah dipelajari. Dengan dilakukannya penelitian tersebut, maka hasil model sistem CRM berbasis E-commerce yang dapat berpengaruh untuk memperoleh informasi yang diinginkan dengan cepat, meningkatkan hubungan dengan pelanggan, dapat diakses dimanapun dan kapanpun serta berkontribusi dengan baik bagi perusahaan untuk meningkatkan efisiensi operasional.
Copyrights © 2019