Penelitian Pendidikan Geografi
Vol 4, No 3 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Juli 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X IIS 3 SMA NEGERI 1 TIKEP

Istiqomah, Istiqomah (Unknown)
Ramli, Ramli (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2019

Abstract

SMAN 1 Tikep adalah salah satu sekolah di Kabupaten Muna Barat yang menjadi objek penelitian peneliti karena hasil belajarnya yang masih rendah dan hanya 40% yang memenuhi KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw; 2) Meningkatkan hasil belajar geografi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas X IIS3 SMAN 1 TIKEP. Data dalam penelitian adalah data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini adalah 1). Aktivitas belajar siswa meningkat 3,6 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw; (2). Aktivitas mengajar guru meningkat 3,4 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw; (3). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi ...