Penelitian Pendidikan Geografi
Vol 4, No 3 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Juli 2019)

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA DI SMA NEGERI 1 LOGHIA KABUPATEN MUNA

Hasmin, La Ode (Unknown)
Ramli, Ramli (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2019

Abstract

SMAN 1 Loghia adalah salah satu sekolah di Kabupaten Muna yang menjadi objek penelitian peneliti karena hasil belajarnya yang masih rendah, hal ini dikarenakan hanya 40% yang memenuhi KKM. Tujuan penelitian:(1) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa di SMA Negeri 1 Loghia yang diajar dengan menerapkan model Discovery Learning (2) Untuk mengetahui aktivitas mengajar guru di SMA Negeri 1 Loghia yang diajar dengan menerapkan model Discovery Learning (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Loghia yang diajar dengan menerapkan model Discovery Learning. Data dalam penelitian adalah data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian diperoleh bahwa dengan menerapkan model Discovery Learning: (1) aktivitas belajar siswa meningkat dengan skor rata-rata 3,2 berkategori baik; (2) aktivitas mengajar guru meningkat dengan skor rata-rata 3,6 berkategori baik; (3) hasil belajar geografi siswa Kelas X IIS3 SMAN 1 Loghia meningkat dari rata-rata skor 60 menjadi rata-rata skor 80, dengan ketuntasan belajar 84% yang ≥ 75 sesuai dengan KKM yang ditentukan sekolah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi ...