Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 1, No 1 (2019): JANUARI

KORELASI ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS DENGAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 9 KOTA BENGKULU

Vebbi Andra (Institut Agama Islam Negeri Bengkulu)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2019

Abstract

This research is a quantitative research that uses a correlational method. The population and sample in this study were all students of class VII A SMP Negeri 9 Kota Bengkulu in the 2016/2017 school year, which amounted to 30 students. The results showed that the existence of critical reading skills in the ability to write arguments is classified as very strong (0,852), meaning that critical reading skills are very supportive of the ability to write arguments. Where the variable critical reading ability contributes to the variable ability to write arguments at 72,59%, and also shows that tcount is greater than t table or 8,623 > 1,701, meaning that there is a significant relationship between critical reading ability to the ability to write arguments.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode korelasional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII A SMP Negeri 9 Kota Bengkulu pada tahun pelajaran 2016/2017, yang berjumlah 30 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan kemampuan membaca kritis terhadap kemampuan menulis argumentasi tergolong adalah sangat kuat (0,852), artinya kemampuan membaca kritis sangat mendukung terhadap keberadaan kemampuan menulis argumentasi. Di mana variabel kemampuan membaca kritis memberikan kontribusi terhadap variabel kemampuan menulis argumentasi sebesar 72,59%, dan juga terlihat bahwa t hitung lebih besar dari t tabel atau 8,623 > 1,701, artinya ada hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca kritis terhadap kemampuan menulis argumentasi..

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

disastra

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian tentang sastra Indonesia, linguistik, pengajaran dan pembelajaran dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, literasi, serta pengajaran BIPA. ...