Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial
Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial

Pengembangan Desain Pembelajaran Geografi dengan Pendekatan Konstruktivistik

Khafid, Syaiful (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2019

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan desain pembelajaran geografi dengan pendekatan konstruktivistik meliputi: (1) model desain pembelajaran konstruktivistik (DPK), (2) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), (3) bahan ajar geografi (BAG), (4) lembar kegiatan siswa (LKS), dan (5) lembar evaluasi belajar (LEB). Model penelitian pengembangan yang digunakan ialah R2D2, yaitu rekursif, desain, dan pengembangan. Model R2D2 memiliki tiga fokus yakni: (1) penetapan, (2) desain dan pengembangan, dan (3) desiminasi. Revisi model DPK di antaranya (1) ditambah uraian filsafat konstruktivisme dan filsafat pembelajaran konstruktivistik, dan (2) sintaks model DPK diadopsi dari model CLD Gagnon dan Collay. Revisi RPP antara lain: (1) dilengkapi lembar observasi aspek spiritual dan sosial, (2) skenario di RPP dibuat secara realistik, dan (3) tes uraian disertai kisi-kisi soal dan penskoran. Uji coba pembelajaran konstruktivistik berdasarkan hasil observasi aktivitas guru dan siswa di SMAN 1 Sidayu masing-masing mencapai 86,67%, sedangkan aktivitas guru di SMAN 1 Kebomas mencapai 100% dan aktivitas siswa mencapai 86,67%. Supaya proses dan hasil mencapai optimal, siswa harus menguasai prinsip belajar konstruktivistik dan peran guru sebagai motivator, fasilitator, dan konsultan. Perkembangan nilai tim dari 16 tim belajar sebanyak 14 tim belajar memperoleh rerata perkembangan nilai ≥ 25 dengan predikat super dan 2 tim belajar mendapatkan nilai berkisar 20-24 dengan predikat hebat. Respon mayoritas siswa terhadap pembelajaran konstruktivistik adalah menyenangkan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIIS

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 6 bulanan dan jurnal ilmiah ini berisikan tulisan, artikel dan hasil penelitian yang menyangkut bidang ilmu ...