Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial
Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial

Peningkatan Hasil Belajar Kognitif PPKn Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Putrawan, Nyoman Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2019

Abstract

Proses pembelajaran di kelas yang membuat hasil belajar siswa rendah merupakan dasar pembuatan penelitian tindakan kelas ini. Penelitian ini dilakukan di kelas VII A di SMP Negeri 3 Sukasada pada semester Genap tahun pelajaran 2017/2018. Data hasil penelitian dikumpulkan menggunakan tes dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Setelah semua proses dilaksanakan yang dimulai dengan perencanaan, dilanjutkan dengan pelaksanaan diteruskan dengan observasi/pengumpulan data dan diakhiri dengan refleksi yaitu melakukan analisis, hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan. Nilai awal yang rata-rata awalnya masih rendah yaitu 67 dengan ketuntasan belajar baru mencapai 50% dan pada siklus I sudah meningkat menjadi 71 dengan ketuntasan belajar 60% dan meningkat signifikan pada Siklus II menjadi 78 dengan ketuntasan belajar 77%. Data tersebut menunjukkan keberhasilan penelitian tindakan kelas ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD mampu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VII A di SMP Negeri 3 Sukasada.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIIS

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 6 bulanan dan jurnal ilmiah ini berisikan tulisan, artikel dan hasil penelitian yang menyangkut bidang ilmu ...