Latar belakang penulisan ini adalah kurangnya inovasi guru dalam menggunakan media pembelajaran secara maksimal menekankan pada aspek berpikir historis, salah satunya berpikir kronologis. Maka dari itu perlu dikembangkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kronologis siswa yaitu media video dengan menggunakan aplikasi Vegas Pro 13 untuk meningkatkan kemampuan berpikir kronologis siswa di kelas X SMA N 1 Padang dengan materi Sejarah Kerajaan Sriwijaya. Penulisan ini bertujuan untuk Mengetahui kelayakan dan kepraktisan penggunaan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan aplikasi vegas pro 13 dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Padang Penulisan ini merupakan penulisan pengembangan (research and development) menggunakan model pengembangan 4D. Model ini terdiri dari 4 tahap yaitu tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap develop (pengembangan), dan tahap disseminate (penyebarluasan). Namun, penulisan ini hanya dilakukan sampai tahap develop (pengembangan). Subjek uji coba adalah siswa kelas X SMAN 1 Padang, sedangkan objek uji coba adalah media video dengan menggunakan aplikasi Vegas Pro 13 untuk meningkatkan kemampuan berpikir kronologis. Instrument pengumpulan data menggunakan angket dalam bentuk skala Likert. Berdasarkan penulisan yang telah dilakukan, dihasilkan produk Media Video Interaktif dengan menggunakan Aplikasi Vegas Pro 13. Hasil penulisan menunjukkan bahwa kelayakan dari ahli materi menyatakan media video dengan menggunakan aplikasi Vegas Pro 13 sangat layak digunakan dengan analisis data sebesar 4,35 dan 4,7 dengan kategori Sangat layak menurut ahli media. Produk penulisan juga dikategorikan sangat praktis oleh guru dan siswa dengan nilai rata-rata 4,56 dan 4,41.Dengan demikian Media Video Interaktif dengan menggunakan Aplikasi Vegas Pro yang dikembangkan dinyatakan layak dan praktis untuk digunakan dan dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa sebagai pelengkap media pembelajaran sejarah Indonesia.
Copyrights © 2019