Jurnal Halaqah
Vol 1 No 3 (2019): JURNAL HALAQAH, Publishing July 2019

Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Think Talk Write untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dalam Pembelajaran Sejarah

Prima Wulandari (Universitas Negeri Padang)
Ridho Bayu Yefterson (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2019

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu: 1) proses pembelajaran sejarah yang hanya terfokus pada penjelasan guru, 2) model pembelajaran yang tidak bervariasi, 3) kurangnya minat peserta didik dalam menulis, 4) kurangnya aktivitas belajar peserta didik. penelitian ini bertujuan untuk melihat penggunaan model cooperative learning tipe Think talk write (TTW) meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dalm pembelajaran sejarah Indonesia di kelas XI IPS 2 SMAN 7 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model spiral Kemmis dan Traggart yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdapat 2 kali pertemuan artinya penelitian ini berlangsung selama 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 2 di SMAN 7 Padang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis persentase dan diberi pemaknaan dalam setiap peningkatan aktivitas belajar peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah model cooperative learning tipe think talk write dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. aktivitas belajar peserta didik meningkat dari 34,48% pada observasi awal menjadi 57,73% pada siklus I dan 80,85% pada siklus ke II. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis penelitian ini berhasil dibuktikan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

hal

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Halaqah (2685-6379) merupakan publikasi resmi komunitas literasi PAMA Aksara yang bernaung di bawah RC-INSTITUT. Edisi pertama jurnal ini diterbitkan pada tahun 2019 dalam versi online terbit empat kali dalam setahun pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Jurnal ini dimaksudkan sebagai ...