Tujuan daripenelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas VI SDN Giring I Kecamatan Manding Kabupaten Sumenep setelah menggunakan metode Peer Teaching.Penelitian ini menerapkan metode Peer Teaching. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian  ini   adalah   Penelitian   Tindakan   Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan menyelidiki pengaruh penggunaan    metode    Peer    Teaching    terhadappeningkatan  minat  belajar  dan  hasil  belajar  siswapada mata pelajaran Matematika dengan mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil pre-test dan post-test. Kisi-kisi  minat  belajar  matematika  yang  diamati yaitu,   perasaan siswa saat mengikuti pelajaran, perasaan siswa saat belajar secara berkelompok, konsentrasi siswa saat mengikuti pelajaran, kesadaran siswa untuk bertanya, kemauan siswa untuk mengerjakan soal-soal  matematika,  kemauan  siswa dalam kelompoknya untuk mengungkapkan gagasan. Metode  pengumpulan data  yang  digunakan  adalah observasi dan tes, sedangkan sample penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN Giring I Kecamatan Manding Kabupaten Sumenep.Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu mendeskripsikan pengaruh yang terjadi selama menggunakan metode pembelajaran Peer Teaching sehingga ditemukan masalah - masalah dan dicari pemecahannya, yang mungkin dapat dilaksanakan, yang kemudian melakukan pre tes dan post tes. Siswa menjadi lebih aktif pada saat menggunakan metode Peer Teaching jika observasi bernilai baik.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai observasi setelah dilakukan penerapan metode Peer Teaching. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil observasi dari tiap siklus, yaitu siklus I sebesar 56%, untuk siklus II sebesar 83,33%. Kata kunci   : Peer  Teaching,  prestasi  belajar, pembelajaran matematika
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015