Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui peningkatan peran aktif siswa dalam proses belajar mengajar dengan model pembelajaran kooperatif teknik Make a Match, (2) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Mekanika Teknik dengan model pembelajaran kooperatif teknik Make a Match. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, tes dan tugas. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi data dan analisis data secara analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Model pembelajaran kooperatif teknik Make a Match dapat membuat siswa berperan aktif dalam proses belajar mengajar, (2) Prestasi Belajar siswa: Ranah Kognitif pada pra siklus 29,17%, Siklus I 66,67% dan Siklus II 83,33%; Ranah Afektif pada pra siklus berpredikat Baik (B) 8 siswa, Siklus I berpredikat Sangat Baik (SB) 2 siswa dan berpredikat Baik (B) 12 siswa, dan Siklus II berpredikat Sangat Baik (SB) 5 siswa dan 19 siswa berpredikat Baik (B); Ranah Psikomotorik pada pra siklus 25,00%, Siklus I 62,50% dan Siklus II 83,33%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Make a Match dapat meningkatkan peran aktif siswa dalam mengikuti pembelajaran. Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Make a Match meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X TSB SMK Negeri 5 Surakarta pada mata pelajaran Mekanika Teknik. Kata Kunci: Make a Match, Prestasi Belajar, Mekanika Teknik
Copyrights © 2015