Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan instrumen penilaianyang diterapkan oleh guru pada mata pelajaran produktif gambar teknik kelas X jurusanDesain Permodelan dan Informasi Bangunan. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswakelas X DPIB di SMK N 2 Surakarta yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas X DPIB A, XDPIB B dan siswa kelas X DPIB di SMK Ganesha Tama Boyolali, dengan teknikpengambilan sampel metode NonProbability Sampling dengan jenis Purposive Sampling.Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.Teknik Pengumpulan data yang digunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknikanalisis data yang digunakan analisis deskriptif data. Hasil penelitian ini adalah:instrumen penilaian yang digunakan guru dalam mata pelajaran produktif gambar teknik diSMK N 2 Surakarta dan SMK Ganesha Tama layak digunakan. Sedangkan instrumen diSMK N 2 Surakarta dilihat dari hasil analisis kesesuaian dengan standar penilaian BNSPsecara keseluruhan dengan rata-rata nilai 75%, respon siswa dengan rata-rata nilai 79.6%masuk kategori layak, dan nilai rata-rata hasil belajar siswa ranah pengetahuan sebesar85.35, ranah keterampilan sebesar 88.43, ranah sikap sebesar 87.11 masuk kategori hasilbelajar yang baik. Untuk instrumen di SMK Ganesha Tama Boyolali hasil analisiskesesuaian dengan standar BNSP rata-rata nilai sebesar 66%, respon siswa secarakeseluruhan rata-rata nilai sebesar 66% masuk kategori layak dan untuk nilai rata-rata hasilbelajar siswa SMK Ganesha Tama pada ranah pengetahuan sebesar 80.83, nilai rata-ratapada ranah keterampilan 81.29, dan pada ranah sikap sebesar 86.66 yang dimana nilai ratarata setiap ranah belajar siswa masuk kategori hasil belajar yang baik.
Copyrights © 2018