Indonesian Journal Of Civil Engineering Education
Vol 4, No 2 (2018): Indonesian Journal of Civil Engineering Education

PENGEMBANGAN E-VOCATIONAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PROGRAM CAD 2D DENGAN MATERI MEMBUAT DENAH DAN TAMPAK RUMAH TINGGAL

Danang Mursito (Unknown)
Abdul Haris Setiawan (Unknown)
Ida Nugroho Saputro (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan E-Vocationalsebagai media pembelajaran pada mata kuliah program CAD 2D dengan materi membuatdenah dan tampak rumah tinggal. (2) mengetahui tingkat kelayakan E-Vocational sebagaimedia pembelajaran pada mata kuliah program CAD 2D dengan materi membuat denahdan tampak rumah tinggal.Penelitian ini menggunakan metode penelitian riset dan pengembangan, denganmelakukan pengembangan E-Vocational sebagai media pembelajaran. Prosedurpengembangan media pembelajaran dilakukan melalui: (1) Tahap studi pendahuluandilakukan dengan studi literatur dan studi lapangan. (2) Tahap pengembangan denganmelakukan pengkajian materi program CAD 2D yang mengacu pada RPS. Kemudianpembuatan desain model yang dibagi menjadi 6 bagian diantaranya: menyusun draftmateri, pembuatan media E-Vocational, membuat materi, pembuatan serta editing videopembelajaran, upload materi dan video pembelajaran pada E-Vocational, dan media EVocational siap digunakan sebagai media pembelajaran. Selanjutnya melakukan validasikepada para ahli materi, media dan pembelajaran untuk menilai kelayakan media yangdibuat. Selanjutnya uji coba terbatas dengan 3 mahasiswa dan uji coba luas kepada 30mahasiswa PTB FKIP UNS tahun angkatan 2015. (3) Tahap evaluasi merupakan tahapakhir dari proses pengembangan terkait model pemakaian E-Vocational sebagai mediapembelajaran pada mata kuliah program CAD 2D dengan materi membuat denah dantampak rumah tinggal.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) prosedur pengembanganE-Vocational sudah sesuai dan dilakukan dengan tahap pengembangan dengan tahapprosedur: studi literatur, draft desain model, validasi desain, uji coba kelompok kecil,evaluasi dan perbaikan, uji coba kelompok luas, evaluasi dan perbaikan dan modelpemakaian. (2) Hasil penilaian ahli materi menyatakan bahwa E-Vocational sebagai mediapembelajaran sangat layak digunakan dengan persentase 96.25%. Penilaian ahli mediadengan persentase 93.00% menyatakan bahwa pengembangan media termasuk kategorisangat layak. Penilaian ahli pembelajaran menyatakan bahwa pengembangan E-Vocationalsebagai media pembelajaran sangat layak dengan persentase 100.00% untuk uji cobaterbatas hasil yang diperoleh sebesar 90.42% menyatakan bahwa media pembelajaran yangdirancang sangat layak kemudian pada uji coba luas menyatakan dengan persentase81.33% bahwa media pembelajaran termasuk kategori sangat layak.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ijcee

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

The Indonesian Journal of Civil Engineering Education (IJCEE) is a scientific journal promoting the study of, and interest in, civil engineering education. It is a national journal published by the Civil Engineering Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret ...